Bagaimana cara membuat multi screenshot atau thumbnail sebuah video? Sebelum saya membahasnya, apakah yang Anda maksud dengan multi screenshot atau thumbnail video seperti gambar di bawah ini? Jika iya berarti Anda mendapatkan tutorial yang tepat 

Contoh : 



Lalu, bagaimana cara membuat screenshot video seperti di atas? Pertama-tama, persiapkan dulu bahan-bahannya yaitu video dan softwarenya. Dalam tutorial ini saya akan memakai software pemutar video freeware yaitu Media Player Classic. Jika belum punya silakan download


Link Download :



Well, jika sudah punya softwarenya langsung saja lihat panduannya di bawah ini.
  1. Putar video tersebut menggunakan Media Player Classic.
  2. Klik File > Save Thumbnails...
  3. Setelah Anda melakukan poin nomor 2 maka akan terdapat options untuk menyimpan thumbnails tersebut. Berikut beberapa options yang disediakan oleh Media Player Classic.
  4. File name = Nama file yang akan Anda simpan.
  5. Save as type = Format file yang akan Anda simpan. Default: JPG – JPEG Image (*.jpg).
  6. Layout Rows = Baris horizontal. Default: 4.
  7. Layout Coloums = Baris vertikal. Default: 4.
  8. Image Width Pixels = Lebar resolusi screenshot dalam pixel. Default: 1024.
  9. Klik Save.

Selesai! Jika Anda menggunakan settingan default maka hasil yang akan Anda dapatkan sama persis dengan screenshot kepunyaan saya di atas dengan resolusi1024 x 646.

Mudah sekali ya?

Tepat sekali! Memang sangat mudah sekali untuk membuat multi screenshot atau thumbnail pada sebuah video. Pertama kali saya pikir untuk membuat screenshot seperti itu menggunakan software lain atau edit dengan menggunakan photoshop. Ternyata saya salah!


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top